SIX SIGMA DAN TQM

Six sigma

Alat manajemen baru yg disebut six sigma berguna untuk mengganti TQM, berfokus pada pengendalian kualitas dengan mendalami sistem pada bagian produksi yang ada pada keseluruhan perusahaan.
Tujuan dibentuknya six sigma adalah untuk :
·        1. Bertujuan untuk menghapuskan cacat yg ada pada saat produksi
·        2.  Menghemat waktu dengan cara memangkas waktu pembuatan produk
·        3. Serta dapat menghapuskan biaya

Six sigma dapat disebut juga sistem yg komprehensive, mengapa disebut komprehensive ? maksudnya adalah disiplin ilmu, alat, serta strategi untuk mencapai  dan mensupport kesuksesan pada bisnis tersebut. Six sigma bisa juga disebut sebagai strategi karena berfokus pada peningkatan rating kepuasan para pelanggan, karena mengikuti model yang formal six sigma dapat juga disebut sebagai disiplin ilmu, (DMAIC) define measure, analyze, improve, control) serta digunakan bersamaan dengan yg lainya sebagai alat, seperti diagram pareto dan histogram. Kunci dari kesuksesan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja bisnis bergantung pada kemampuan dari mengidentifikasi dan memecahkan masalah yg ada, kemampuan tersebut adalah suatu hal yg fundamental dalam filosofi dari six sigma


Total Quality Management
Total quality manajemen atau juga disebut sebagai manajemen kualitas total adalah suatu strategi yg ditunjukan untuk menanam kualitas kesadaran pada semua lingkup proses dalam organisasi, ISO mendefinisikanya sebaga,i pendekatan manajemen untuk suatu kelompok yg berpusat pada kualitas”, yg berdasarkan partisipasi semua anggotanya serta memiliki tujuan untuk meraih kesuksesan jangka panjang  melalui kepuasan dari pelanggan serta menguntungkan untuk semua anggota dalam organisasi dan juga masyarakat.

TQM mempunyai sebuah filosofi dasar : efek yg ditimbulkan dari kepuasan konsumen , suatu organisasi dapat memperoleh kesuksesan
Yang digunakan TQM sebagai kendaraan adalah:
·        * Manajemen kebijakan
·        * Manajemen harian
·        * Manajemen keselamatan kerja
·        * Manajemen cross-functional
·        * Gugus kendali mutu


Penggunakan TQM sudah berjalan sangat baik dan luas dalam manufaktur, pemerintahan, industri jasa, serta pendidikan. TQM bahkan telah digunakan dalam program-program ilmu pengetahuan dan program luar angkasa NASA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelian tiket secara online dan pencetakan tiket kereta api secara mandiri

PENGERTIAN, MANFAAT, DAN PERNANAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI BAGI LINGKUNGAN SEKITAR