Passive Voice - Kalimat Pasif

pada postingan kali ini, saya akan membahas materi tentang passive voice, tapi biar makin lengkap saya akan nambahin juga untuk active voicenya, yuk mari langsung dicek!


Kalimat Aktif merupakan kalimat dimana subjeknya berperan sebagai perilaku dari sebuah tindakan (Siapa + melakukan + apa). Dalam Bahasa Indonesia biasa menggunakan rumus awalan dan akhiran “Me/me-kan/ter/ber/memper-kan, dsb” (memakan, membacakan, bermain, dsb). Letak subjek dalam kalimat aktif berada di bagian depan kalimat

Contoh Kalimat Aktif :
eko(S) drank(P) a glass tea(O)
eko telah meminum segelas teh.


Kalimat Pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Jenis kalimat ini dikatakan kalimat pasif karena subjeknya pasif tidak melakukan pekerjaan tetapi justru dikenai suatu pekerjaan.

Contoh dan Penjelasan Kalimat Pasif

Tikus itu dimakan kucing (The mouse was eaten by the cat)

Kalimat di atas bersubjek “tikus”. Di dalam kalimat tersebut, “tikus” dikatakan pasif karena sedang dimakan kucing, sedangkan yang aktif adalah kucingnya. Jadi, karena subjek pasif, kalimat di atas disebut kalimat pasif.

Ada beberapa tenses dan formula yang akan saya jabarkan disini, yaitu : 




ket : * = pada tenses future, Verb 3 pada kalimat passive haruslah Vbase (kata dasar) tanpa tambahan -ed atau -ing . atau yang biasa disebut In simple V

Saya juga ingin memberikan tips agar kalian dengan mudah mengetahui atau menentukan tenses apa yang digunakan dalam kalimat passive.
Pada tenses Continous , pada kalimat passivenya pasti menggunakan being . Untuk  Tenses Perfect pada kalimat passivenya menggunakan Been. And last but not least tenses Future pada kalimat passivenya menggunakan will be.

sekian penjelasan singkat dari saya, terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelian tiket secara online dan pencetakan tiket kereta api secara mandiri

SIX SIGMA DAN TQM

PENGERTIAN, MANFAAT, DAN PERNANAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI BAGI LINGKUNGAN SEKITAR